Hallo sobat sahurinur.com, kali ini kita akan membahas seputaran website, yakni tentang plugin untuk meningkatkan performa website kita, agar semakin dicintai oleh mesin pencari seperti Google. Sebelumnya saya akan menjelaskan pengertian, apa itu plugin. Yess… Plugin adalah software yang kita instal di dalam website kita, yang umumnya menggunakan engine atau mesin yakni wordpress, dimana dengan menggunakan plugin tersebut maka fungsi website kita akan semakin optimal dan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Dalam dunia Internet Marketing, banyak sekali kegunaan Plugin yang bisa membuat website kita semakin luar biasa dalam fungsinya. Diantaranya :

  • Plugin Untuk Meningkatkan Performa SEO
  • Plugin Untuk Meningkatkan Kecepatan Website
  • Plugin Untuk Membuat Form Baik Untuk Pengumpulan Database atau Registrasi
  • Plugin Untuk Menganalisa Sebuah Website, Baik dari Sisi Traffic atau Sekuritas dari Website kita
  • Plugin Untuk Membuat Auto Content dan juga Hal Lain yang Lebih Memudahkan Tugas Kita yang Manual

Jika sobat semua ada hal hal lain dimana dengan menggunakan sebuah plugin website akan mendapatkan fungsi yang lebih baik lagi, komen dibawah artikel ini :). So, sampe sini, temen temen yang masih awam udah faham kan apa kegunaan semuah plugin? Yess, jika diibaratkan, plugin ini adalah aksesoris sebuah rumah, misal jika kita menginginkan rumah kita mendapatkan udara yang lebih dingin maka kita akan memasang AC, jadi bisa diibaratkan AC adalah sebuah plugin.

Plugin Untuk Website Kita.

Banyak sekali plugin yang bisa kita instal, namun pertanyaannya apakah semua plugin yang ada itu aman saat digunakan, atau pertanyaan lain, apakah dengan menginstal sebuah plugin maka performance sebuah website akan menjadi lebih baik, atau malah kebalikannya, jangan jangan saat kita menginstal sebuah plugin malah membuat website kita performa-nya menjadi buruk, baik dari sisi performa di mata Google atau dari sisi kecepatan misalnya.

Artikel Lainnya : Workshop Membuat Website Mudah dan Murah 30 September 2017 ~ 1 Oktober 2017

Plugin Untuk Meningkatkan Performa Website Kita di Mata Google

Nah, pada kesempatan kali ini, saya ingin share beberapa plugin yang saya gunakan untuk membuat website yang saya kelola menjadi lebih baik performanya. Ikutin terus ya….

  1. Plugin All In One SEO Pack atau YOAST untuk meningkatkan performance website sehingga mudah ditemukan dan memperbaiki ranking di mesin pencari seperti Google.
  2. Plugin Google Analyticator untuk menganalisa seberapa banyak visitor yang datang kedalam website kita. Bahkan, kita bisa mengetahui detail visitor yang datang kedalam website kita, mulai dari mana mereka datang, hingga visitor yang datang ke website kita menggunakan media apa, apakah HP atau desktop, dan yang lebih edan lagi, sampe merk HP-nya juga bisa di analisa lho, mantap kan? 🙂
  3. Plugin Rocket Cache, untuk mempercepat loading website sehingga, visitor yang datang tidak perlu menunggu lama yang bisa bisa BETE sama web kita, kalau loadingnya lama.
  4. Plugin Contact Form, jika kita ingin membuat formulir, baik pengumpulan database atau juga membuat formulir pembelian dan pendaftaran, jadi kita tinggal melihat report-nya saja.
  5. Plugin WP Smush, untuk mengkompres foto sehingga penggunaan storage kita lebih sedikit dalam memakan hosting yang kita gunakan.
  6. Plugin untuk auto content, kita bisa menggunakan macam macam plugin, tapi saya sendiri tidak menyarankan anda untuk menggunakan hal ini, karena bisa dapat pinalti dari Google.

Wow, lumayan banyak kan sobat, plugin atau tools yang kita gunakan di dalam website kita? Nah, penggunaan plugin ini sebenarnya memakan storage dalam website kita, bahkan juga bandwith yang ada di hosting kita. Oleh karena itu sebaiknya bagi temen temen yang ingin menggunakan plugin, dilihat dulu apakah plugin ini cocok digunakan di web kita atau tidak, dan hal terpenting lainnya, kita cek, apakah plugin ini selalu diupdate oleh provider plugin tersebut atau tidak, karena bisa saja jika tidak diupdate akan menimbulkan BUG yang membuat HACKER masuk kedalam website kita.

Bagi yang ingin membuat website dan ingin tau lebih detail tentang penggunaan plugin, yuk ikutan Workshop Cara Membuat Website, dimana di workshop tersebut, sobat semua akan mendapatkan WEBSITE secara GRATIS. Nah sobat, ini saja yang bisa saya share dalam kesempatan kali ini, semoga artikel tentang plugin yang bisa membuat performa website lebih baik bermanfaat untuk sobat semua.

Sahuri Nur