Niat Baik Pasti Akan Selalu Diuji

By | June 11, 2017

Niat Baik Pasti Akan Selalu DiujiArtikel niat baik selalu akan diuji ini merupakan sebuah bentuk kesadaran akan sebuah amalan sholeh. Sungguh diri ini masih amat sedikit amal, masih jauh dikatakan orang baik, orang yang selalu memberi manfaat. Namun bersamaan dengan artikel ini, saya pribadi, Sahuri Nur, ingin memotivasi diri yang lemah ini. Amat sering kita dengar sebuah sabda Rasulullah “Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain”, pertanyaannya apakah diri ini sudah bermanfaat setiap harinya? Atau malah sebaliknya, malah linangan dosa, bermacam maksiat yang malah membuat diri ini jauh, sangat jauh dari kata bermanfaat.

Teringat perkataan gurunda saya, Ust Bobby Herwibowo, bahwa teruslah beramal, meskipun amalan itu amat kecil, amalan itu mungkin terlihat tidak ada gunanya, namun jika kita yakin amal itu adalah amalan sholeh, maka jalankan, kerjakan, sekarang juga, tanpa menunggu nanti dan tapi. Beliau mengisahkan tentang bangunan terindah di dunia, bukanlah gedung gedung pencakar langit yang tinggi dan megah, bukanlah hotel berbintang ataupun rumah mewah artis hollywood yang bernilah trilyunan, namun berbicara bangunan terindah, yang hanya dengan menatapnya saja rahmat Allah turun adalah Ka’bah, bangunan yang hanya panjang 13.16 meter, lebar 11.53 meter dan tinggi 12.02 meter, bahkan sebenarnya bangunan ini pun belum jadi, tapi karena ini adalah amalan sholeh yang oleh Nabi Ibrahim dijalankan, maka Allah yang akan menyempurnakan. Yang istimewa lagi, sadar atau tidak, dalam 1 hari, minimal kita mendoakan Nabi Ibrahim 20 kali dalam setiap tasyahud, mungkin jauh lebih banyak daripada doa kita kepada orang tua kita sendiri. Ini bro, kenapa kita harus terus mengerjakan amalan sholeh apapun bentuknya, apapun besar atau kecilnya.

Namun, lagi lagi saya dalam hal ini mengingatkan, setiap amalan sholeh pasti ada saja ujiannya, bahkan dari orang orang terdekat kita. Sungguh disinilah Allah menguji keikhlasan kita, Allah menguji kesabaran kita, apakah kita akan termasuk orang orang yang sabar? Sungguh bro, untuk orang orang yang sabar, maka Allah pasti akan Menjaga kita, Melindugi kita dan Menolong kita, silahkan buka Qur’an (Al Anfal ayat 46, Yasin ayat 9). Oleh karenanya jika dalam perjalan amalan sholeh kita temui rintangan, kita dapatkan tantangan, maka ini adalah jalan yang benar, jalan dimana para Rasul Allah mendapatkan, bahkan lebih GILA lagi, mereka dibakar, mereka dibunuh, mereka diludahi, mereka dilempari, dan pastinya ujiannya jauh lebih dahsyat ketimbang kita.

So… pertanyaannya, apakah kita saling bergandengan tangan dalam melewati setiap ujian dari niat baik kita, atau malah kita mencemooh amalan sholeh yang ada di hadapan mata kita. Hidup ini pilihan, pilih menjadi orang orang yang hebat karena ditimpa ujian, atau menjadi pecundang yang hanya bisa NYINYIR ketika amalan sholeh diuji.

Selamat memilih

~ Jatiasih, 11 Juni 2017 ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *