Hallo sahabat sahurinur.com, apa kabar? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tips untuk memulai bisnis online bagi pemula. Nah, pertanyaan awal yang kebanyakan orang tanyakan adalah, ngapain sih harus bisnis online? Emang gak bisa kalo bisnis offline itu maju? Dan buanyak pertanyaan lainnya. Perlu kita fahami bersama, bahwa era kita saat ini sudah bergesar dari era teknologi industri (seperti pabrik, workshop bengkel, dll) berubah kebidang yang dinamakan industri informasi, dimana orang orang yang menguasai informasi bisa dikatakan akan menguasai dunia.

Nah, sekarang ane mau tanya ke agan agan semua, siapa disini yang masih menggunakan yellow pages untuk mencari alamat atau produk? Hehe, jadul banget ya, udah gak ada kan? Ya iyalah, sekarang kan kita semua sudah dimudahkan dengan mesin pencari yang bernama Google, walau sebenarnya banyak lho mesin pencari lainnya, seperti Bing, Yahoo, Baidu, tapi kita di Indonesia, sudah familiar dengan yang namanya Google. Hampir semua permasalahan hidup kita, bahkan termasuk jodoh (wkwkwkwkwk) kita nyari di Google. Bahkan Google disebut juga mbah, setara dukun gitu, hehe. Nah pertanyaannya, kenapa sih Google? Kok dia menjadi hal yang dibutuhin banget buat sekarang ini? Nah ini yang kita sebut tentang teknologi informasi, dan Google adalah sebuah website yang menghimpun MILYARAN informasi di dunia (termasuk di Indonesia) dan akan menyajikannya kembali kepada orang orang yang mengetikkan kata kata di kotak kecilnya itu.

Ini Dia Tips Memulai Bisnis Online Shop Bagi Pemula

Sudah mulai faham kan, kenapa bagi kita yang ingin memulai bisnis online, harus mengikuti perkembangan teknologi yang saat ini marak digunakan. Bahkan kalau kita mencermati tentang perkembangan bisnis diluaran sana, banyak lho perusahaan lama, yang sangat lambat dalam beradaptasi dengan teknologi saat ini akhirnya hancur dan bangkrut, pasti temen temen gak mau kan? Lalu bagaimana dengan kita yang mungkin masih baru akan memulai usaha atau bisnis sekarang ini? Tenang, terus ikutin artikel ini ya….

Bisnis Online Untuk Pemula

Temen temen, saya selalu bilang, bahwa bisnis itu, jangan cuma ikut-ikutan aja, tapi bisnis yang kita jalanin harus benar benar dikarenakan kita suka dan cinta akan bisnis itu, jadi walau kita menghabiskan waktu berjam-jam, tapi kita ENJOY, gak ngerasa capek, karena emang kita suka banget sama hal yang kita kerjakan. Misal emak-emak yang emang hobi bikin makanan, dan emang suka banget yang namanya masak, maka cobain aja untuk njalanin bisnis kuliner, terus mulai deh kita promosiin pake tools-tools marketing yang ada di Internet. Nah sekarang kita mulai masuk buat persiapan mempromosikan produk kita di Internet, stay tuned yow…

Bicara tentang mempromosikan sebuah produk di Internet, maka langkah awal adalah bagaimana kita bisa menampilkan produk kita secara BENAR dan MENARIK di internet. Apakah itu? Yup, audio visual sebuah produk itu sangat penting, jadilah kita harus memperhatikan Foto dan juga Video produk yang menarik. Setelah jadi, maka selanjutnya kita WAJIB memberikan watermark dari Foto atau Video yang kita buat, karena gak jarang di dunia Internet itu nyolong-nyolongan foto atau juga video. Setelah video dan foto kita sudah siap, maka kita mempersiapkan narasi atau deskripsi dari produk kita. Apa sih kelebihan dari produk kita dibandingkan dengan kompetitor, lalu bagaimana dengan harga, garansi dan lain lain sehingga pembeli akan dengan yakin untuk membeli produk kita walau kita tidak jumpa di dunia nyata. Wokeh, selanjutnya kita akan bahas tentang tools atau media DIGITAL MARKETING di Internet yow….

Artikel Terkait : Mengenal Apa Itu SEO

Tips Memulai Bisnis Online Shop Bagi Pemula

Saat ini, media Digital Marketing di Internet udah buanyak banget, Coba kita list ya :

  1. Website Online Shop
  2. Marketplace (Tokopedia, Bukalapak, Lazada)
  3. Sosial Media (Twitter, IG, dll)
  4. Email Marketing
  5. Mobile marketing (SMS/WA/BBM)
  6. Banner iklan di web yang besar
  7. Kalo ada yang tau info di komen ya….

Yuk Memulai Bisnis Online

Nah dari sekian banyak media diatas, coba deh pilih salah satu, lalu fokusin dengan cara selalu update artikel dan juga foto. Ini dikarenakan orang Indonesia itu suka banget dengan sesuatu yang dianggep baru, padahal sih produknya itu itu aja, hehe… Nah, hal lainnya, kalo misalnya temen temen disini itu hanya menjadi dropshipper (Gak punya produk sendiri/ngambil produk dari orang), Maka temen temen harus rajin update stok juga, agar gak kecewa orang yang mau beli.

Bentar-bentar, kalo urusan detail teknis atau pembahasan detail dari masing masing media marketing diatas, kita bakal bedah lebih detail di artikel yang lain yow. Nah sekarang lebih baik buat temen temen yang udah baca artikel ini, buruan action deh, nyiapin produknya, insyaaAllah kalo serius, orderan bakal banjir dan bakal luar biasa. Oiye yang mau ikutan workshop CARA MUDAH MEMBUAT WEBSITE buruan ye, karena SEAT sangat terbatas, dah dulu ah buat bahasan tips memulai bisnis online, ane mau ngerjain kerjaan dulu, see you

Sahuri Nur Pakar SEO.